Teknik SEO dan Jenis-Jenis SEO pada Website

teknik seo dan jenis seo

Tahukah anda? Teknik SEO yang tepat dapat membantu website anda mendapatkan posisi yang lebih baik di mesin pencari Google? Dan lebih dari 50 persen trafik yang datang ke website datangnya dari pencarian organik? Dengan besarnya persentase yang dihasilkan dari kunjungan organik ke website, berapa organik trafik yang datang ke website anda setiap harinya? Ada yang seratus, seribu atau mungkin seratus ribu. 

Jelas ada perbedaan pada setiap website, faktor utama dari perbedaan kunjungan organik pada tiap-tiap website lebih disebabkan dari keadaan website tersebut, hal ini bisa disebabkan karena content pada tiap-tiap website tersebut berbeda dan demikian pula optimasi SEO pada tiap-tiap website tersebut. 

Untuk itu diperlukan kejelian dan teknik SEO yang berbeda maupun membuat langkah-langkah yang efektif agar dapat membantu website mendapatkan peringkat yang baik di dalam hasil pencarian. Saat anda mengenali masalah pada website, anda mungkin memerlukan beberapa teknik SEO yang berbeda, tergantung dari apa yang anda butuhkan. 

Sekarang, kembali ke kebutuhan anda, apa yang sebenarnya ingin anda capai? Untuk itu, anda perlu belajar untuk melakukan riset pada situs anda dan mengetahui siapa kompetitor anda di dunia digital, karena apabila anda paham maka anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu membayar Tenaga Ahli. 

Namun apabila anda tidak mau melakukannya sendiri, anda dapat menggunakan tenaga SEO profesional yang anda percaya, menggunakan tenaga SEO profesional dapat membantu anda memahami persoalan yang mungkin sedang terjadi pada website anda di halaman pencarian Google dan memberikan solusi kepada anda agar website anda dapat mendominasi SERP (Search Engine Results Page) di halaman pencarian Google.

Baca juga : 10 Alasan mengapa WordPress Bagus untuk SEO

Jadi apa itu SEO ?

SEO adalah berbagai macam teknik dan strategi yang digunakan untuk menaikkan kualitas dan kuantitas pengunjung ke website melalui hasil pencarian organik. Strategi SEO dapat membantu website mendapatkan peringkat yang baik di dalam hasil pencarian melalui kata kunci yang relevan. 

Sebagai contoh, apabila anda menjual sepatu kantor, salah satu kata kunci yang paling relevan digunakan oleh calon pembeli adalah “toko jualan sepatu kantor”, anda dapat mengoptimalkan Teknik SEO pada website agar situs anda muncul untuk kata kunci “toko jualan sepatu kantor” pada laman mesin pencari.

Jenis Jenis SEO

SEO sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan dapat dilakukan dengan berbagai macam strategi, skema, taktik dan teknik yang berbeda, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Beberapa teknik dan jenis SEO.

1. SEO On-Page

Dari awal optimasi SEO, On-page SEO inilah jenis SEO yang paling diutamakan. SEO on-page berarti, anda mengoptimalkan setiap elemen di website anda seperti URL, Meta, Title dll dan anda mengontrolnya secara langsung. 

Anda wajib menggunakan teknik SEO on-page jika anda ingin website anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan konten anda. Beberapa elemen yang dapat anda optimalkan dengan teknik SEO on-page pada halaman website seperti URL, Title, Meta Description, Alt tag, Heading tag, Internal Link, Konten yang relevan, Navigasi dan Desain Web.

Untuk memaksimalkan Teknik SEO on-page website, anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini. 

Anda dapat membuat konten yang dapat menarik minat pengunjung dan memasukkan kata kunci yang relevan pada konten tersebut.

Memasukkan kata kunci di dalam elemen web anda seperti pada URL, title tag, dan heading tag.

menyederhanakan navigasi dari Website anda agar mudah dinavigasi dan lebih ramah kepada pengunjung. 

Memperbaiki desain situs web anda agar terlihat lebih indah dan mudah untuk digunakan.

2. SEO Off-page

Selain teknik SEO on-page, Website anda juga membutuhkan teknik SEO off-page. SEO off-page sendiri adalah teknik SEO yang berada di luar halaman Website dan anda tidak mengontrolnya secara langsung.

Teknik SEO off-page yang paling sering dilakukan adalah membangun backlink. Backlink sendiri adalah tautan ke Website yang berasal dari situs lainnya. Google sendiri  menggunakan kuantitas dan kualitas link (tautan) pada website agar dapat menentukan reputasi dan relevansi dari link tersebut yang dapat mempengaruhi peringkat website di hasil pencarian. 

Backlink (Tautan balik) juga membantu Google dalam menemukan halaman yang berada pada website anda. 

Teknik SEO off-page sendiri lebih berfokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas link yang relevan dengan konten anda. 

Baca juga : Tren dan Teknik SEO yang akan berkembang di 2020

3. Technical SEO 

Technical SEO sendiri lebih berfokus pada optimasi website dan server agar dapat membantu peringkat website menjadi lebih baik di halaman mesin pencari, fokus utama dari technical SEO adalah membantu mesin pencari memahami website namun berfungsi juga untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Technical SEO adalah jenis SEO yang dibutuhkan oleh semua website. Dengan menggunakan jenis teknik SEO ini, anda memastikan bahwa mesin pencari mengindex website anda dan membantu memaksimalkan SEO on-page dan off-page.

Ada beberapa teknik yang dilakukan untuk memaksimalkan Technical SEO di website seperti, meningkatkan PageSpeed website, membuat robots.txt, memasang sitemap, membersihkan duplikat konten, mengkompresi gambar, minify js, css, html, membuat halaman website lebih responsive dan mobile friendly. 

4. Local SEO 

Strategi SEO lokal lebih memfokuskan pencarian yang berhubungan dengan lokasi tertentu, terutama yang berada di area lokal. Memaksimalkan Teknik SEO Lokal untuk usaha offline anda dapat membantu peringkat bisnis anda dengan baik untuk pencarian local. Pencarian pada SEO Lokal biasanya mengandung frasa terdekat, dekat sini, nama wilayah, nama jalan, nomor telpon dll.  

Semua jenis usaha memerlukan SEO lokal. SEO lokal penting untuk keberadaan bisnis anda, pengguna dapat mengetahui letak dan alamat usaha anda, nomer yang bisa dihubungi, website yang terhubung dengan bisnis anda dll. SEO lokal menjadi penting mengingat ada lebih dari 50% hasil pencarian di Google yang terhubung dengan entitas pada bisnis lokal dan hampir 80% dari pencarian lokal selalu terkonversi.

Beberapa contoh teknik SEO lokal yang dapat anda lakukan seperti melakukan klaim dan memasukkan semua informasi yang terhubung dengan bisnis lokal anda pada Google Bisnisku seperti, menambahkan foto, alamat, jam buka tutup, menambahkan website dll, lalu mintalah kepada pengunjung bisnis anda untuk menambahkan rating dan memberikan ulasan yang positif untuk bisnis anda.

Webmaster - Search Engine Optimization Specialist - Digital Marketer

Tentang Kokosama Digital

Kokosama Digital adalah Tim Pemasaran Digital yang fokus dalam meningkatkan performa dan konversi Bisnis klien kami sehingga mendapatkan omzet yang maksimal.

Request a free quote

Kami menawarkan layanan Profesional Digital Marketing yang dapat membantu meningkatkan kunjungan dan konversi situs web anda melalui Jasa SEO, Jasa Google Ads, Jasa Optimasi Konversi, Jasa SEO Lokal, Jasa Konten Marketing dll.

Subscribe to our newsletter!

2 Comments
    • Romi Purwanto
    • July 13, 2020
    Reply

    min bagaimana cara klaim dan memasukkan informasi pada google bisnis ku

      • Davvy Bayu PrahastraDavvy Bayu Prahastra
      • July 13, 2020
      Reply

      buka https://www.google.com/business/
      di halaman itu ada login / kelola sekarang.
      klik di kelola sekarang dan mas bisa masukin semua informasi di sana.
      Semoga membantu mas

Leave a Comment

Artikel yang Berkaitan

Lihat Semua