SEO di tahun 2020: 5 Tren SEO yang wajib dilakukan

tren seo 2020

Bagaimana tren SEO di tahun 2020 ini? apa saja yang berubah? bagaimana situs anda dapat mempertahankan peringkat teratas di Google? pembaruan SEO terbaru apa saja yang akan menjadi tren? jawabannya, yuk disimak dulu yang dibawah ini.

Sebelum anda melanjutkan membaca, apakah anda sedang mencari jasa SEO? Kami dapat membantu mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) website bisnis anda dengan budget minimalis dan terkontrol.

Tren SEO di tahun 2020

Setiap tahun nya, tren SEO selalu berubah, perubahan minor sering kali terjadi setiap hari tanpa kita menyadari, terkadang perubahan minor dapat secara dramatis menurunkan peringkat web anda di mesin pencari dan anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Jika anda ingin mempertahankan peringkat teratas di laman mesin pencari Google, anda wajib untuk selalu mengikuti update terbaru dari SEO (Search Engine Optimization) setiap harinya agar anda dapat menjaga peringkat web anda di google.

Jadi, bagaimana kondisi SEO pada tahun 2020 apakah akan banyak berubah? berikut Tren SEO yang mungkin akan berkembang di tahun 2020.

1. Mengoptimalkan konten anda untuk posisi nol (P0) atau Featured Snippet

tren seo 2020

contoh posisi nol untuk katakunci cara naik sepeda motor

Ketika seseorang mencari sesuatu di Google, mereka menginginkan jawaban yang cepat dan mudah untuk dimengerti. Di tahun-tahun sebelumnya, pengguna akan langsung masuk ke website yang berada di peringkat 1, 2 dan seterusnya namun di tahun 2020 ini posisi tersebut bukanlah posisi yang di dambakan oleh pembuat konten karena ada posisi nol yang akan tampil di peringkat paling atas pada laman pencarian Google dan Kebanyakan website yang berada di posisi nol yang langsung di pilih oleh pengguna. 

Sekarang, Apa itu posisi nol (P0)?

Posisi nol (P0) atau Featured Snippet adalah fitur dari mesin pencari Google yang memudahkan pengguna untuk dapat menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin dicari dilaman mesin pencari Google, baik pencarian dengan cara diketik maupun melakukan pencarian menggunakan suara (Voice Search).

Dan fitur posisi nol (P0) yang terdapat pada laman Google, memudahkan pengguna menemukan jawaban yang dicari tanpa perlu masuk ke laman dari website yang berada di posisi nol tersebut, karena biasanya Google telah merangkum jawaban dari pertanyaan yang ingin seseorang cari. 

Buatlah Konten yang berbasis pertanyaan

Posisi nol (P0) sendiri biasanya berbasis pertanyaan, misalnya mencari resep masakan, mencari penyebab kulit gatal dan lain sebagainya. Sebagai contoh apabila anda ingin mencari lirik lagu “Noah menghapus jejakmu” maka hasil yang keluar akan seperti dibawah ini, hal ini juga berlaku untuk lirik-lirik lainnya.

tren seo di tahun 2020
Lirik Lagu Noah di Google

Nah seperti yang anda lihat, anda bisa langsung menemukan lirik tersebut tanpa perlu masuk ke website yang berada di posisi nol tersebut. Sekarang bagaimana cara mendapatkan posisi nol ini? Konten pada Posisi nol biasanya mempunyai format seperti berikut ini :

Paragraf pendek atau sedang yang langsung menjawab pertanyaan, dapat juga menggunakan angka didepannya atau poin-poin yang langsung menjawab pertanyaan, bisa berupa tabel, video, gambar dan bagan, menggunakan Header tag H2, H3 dan seterusnya, terserah berapa kata kunci yang ingin anda gunakan, dua atau tiga kata kunci bisa, namun lebih baik menggunakan kata kunci longtail jadi persaingannya lebih rendah.

Apa syarat utama untuk mendapatkan Posisi nol (P0)

Syarat utama untuk mendapatkan posisi nol (P0) adalah artikel anda wajib masuk di halaman pertama, dan semenjak update algoritma BERT, artikel yang mendapetkan posisi nol (P0) ini sering kali berubah-ubah dan biasanya website dengan ranking 6 keatas yang sering dapet jatah di Posisi nol, tergantung optimasi dari artikel tersebut.

Dengan menempati posisi nol maka besar kemungkinan website anda akan di banjiri oleh pengunjung secara organik karena biasanya pengunjung tidak akan puas dengan jawaban yang diberikan oleh Google dan ingin mencari tahu lebih dalam lagi untuk memuaskan si pencari atas jawaban dari pertanyaannya, oleh sebab itu mengoptimasi konten anda untuk Posisi nol (P0) akan menjadi lebih penting lagi di tahun 2020 ini.

Jadi, bagaimana anda mempersiapkan konten untuk mendapatkan peringkat P0? Yaitu dengan membuat artikel yang berbasis jawaban dan memasukkan format P0-friendly seperti yang udah dijabarin sebelumnya kedalam konten anda dan dengan teknik ini, biasanya dapat membantu website anda mendapatkan peringkat nol dilaman mesin pencari Google.

2. Optimasi lagi konten lama anda

Tren SEO di tahun 2020

 Update konten lama anda

Cepatnya informasi yang beredar di era digital sekarang ini, membuat semuanya harus serba up to date, begitu juga dengan konten lama anda. Di era sekarang ini, konten lama yang tidak terupdate hanya akan menambah dwell time dan bounce rate website anda.

Dwell time sendiri berarti pengguna yang masuk ke situs anda tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan dan kembali kehalaman pencarian Google, sedangkan bounce rate berarti pengguna bisa jadi menemukan atau tidak menemukan apa yang mereka cari dan keluar dari situs anda. 

Bounce rate yang baik berkisar di angka 26 – 40 persen namun apabila Bounce rate situs anda sudah mencapai diatas angka 71 persen berarti ada yang salah dengan konten anda dan anda wajib untuk mengoptimasinya kembali.

Bounce Rate tinggi bisa jadi malah bagus, Apabila?

Bounce rate yang tinggi bisa dikatakan bagus apabila situs anda hanya memuat daftar imsakiyah atau situs prakiraan cuaca, karena informasi yang orang butuhkan untuk mencari waktu imsak dan prakiraan cuaca beberapa jam kedepan atau besok hari tidaklah membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menemukan informasi tersebut.

Atau bounce rate yang tinggi dapat dikatakan baik apabila anda memang membuat landing page Funnel bisnis yang mengarahkan pengguna untuk melakukan action, menghubungi anda melalui kontak form atau tombol Whatsapp.

Jangan sampai Pogo Sticking terjadi pada konten anda

Konten yang sudah usang dan tidak relavan dengan keadaan sekarang juga dapat menyebabkan Pogo Sticking pada situs anda. Pogo Sticking sendiri adalah keadaan dimana pengguna tidak menemukan apa yang dicari, beberapa faktor dapat menyebabkan pogo sticking sebagai contoh apabila anda mencari tutorial cara belajar SEO namun tidak ada sedikit pun pembahasan yang ada pada konten tersebut yang mengajarkan tentang SEO dan malahan pembuat konten tersebut mengarahkan anda untuk menggunakan Jasa SEO nya maka dengan cepat anda akan keluar dari website tersebut karena anda menganggap tidak menemukan apa yang anda cari.

Optimasi konten lama anda agar lebih update 

Begitu juga dengan konten lama anda, apabila seseorang ingin mencari Tren SEO 2020 namun yang dibahas malahan Tren SEO tahun-tahun sebelumnya sedangkan anda ingin mencari tau apa saja tren SEO di tahun 2020 yang lagi ngehit sehingga anda memutuskan untuk pergi dan mencari informasi dari situs lainnya dan apabila hal ini terjadi maka akan menjadi kerugian untuk si pemilik website hanya karena konten lamanya tidak diupdate dan dioptimasi kembali. 

Untuk itu, jangan sia-siakan konten lama anda dan mulailah untuk mengupdate dan mengoptimasi ulang dengan segera atau bisa anda redirect ke konten baru anda yang lebih relevan dengan keadaan sekarang ini.

3. Amankan situs anda dengan HTTPS

Teknik seo di tahun 2020

Install Sertifikat SSL pada website anda

Jika situs anda tidak aman yang disebabkan oleh sertifikat SSL (Secure Socket Layer) anda sudah kadaluarsa, maka di tahun 2020 adalah tahun untuk mengaktifkan kembali keamanan situs Anda. Sertifikat SSL sendiri bisa anda dapatkan melalui cara membeli dan juga gratisan. Yang gratisan bisa anda dapatkan dari penyedia SSL seperti let’s encrypt maupun SSL sertifikat yang dikeluarkan oleh cpanel inc.

SSL dapat mempengaruhi peringkat anda di Google

Dengan menggunakan SSL artinya situs anda aman dan dapat dipercaya oleh pengunjung yang datang ke situs anda dan tanpa SSL, pengunjung cenderung menganggap situs anda tidak aman dan akan segera meninggalkan situs anda yang dapat mempengaruhi peringkat situs anda dilaman pencari Google. Tahukan anda bahwa Google terus mendorong enkripsi 100% pada situs web? Dan masalah keamanan selalu menjadi prioritas utama dari Google, oleh sebab itu ranking website anda di Google juga akan ikut turun apabila situs anda tidak aman, dan ini juga akan ikut mempengaruhi trafik yang datang ke website anda. Maka dari itu untuk yang blum mengamankan situsnya dengan SSL di tahun 2020 ini segeralah amankan situs anda secepatnya.

4. Optimasi SEO Lokal

seo 2020

Pencarian lokal pada Google tumbuh 46% di Tahun 2019

Pada tahun 2020, SEO lokal diprediksi akan terus meningkat dan akan menjadi lebih sulit daripada tahun sebelumnya, dikarenakan pada tahun 2019, sebanyak 46% pencarian disitus pencari Google berbasis pada pencarian lokal dan akan terus bertambah di tahun 2020 ini seiring tumbuhnya minat pengguna dalam melakukan pencarian lokal yang memasukan unsur entitas didalamnya seperti mencari alamat sekolah, alamat kampus, alamat jasa pengiriman, alamat kantor, rumah ibadah, pom bensin terdekat dan lain-lain. 

Klaim Bisnis anda di Google my Bisnis

Untuk dapat bersaing di pencarian lokal di tahun 2020 maka anda perlu mengklaim bisnis anda di Google my Business (Google bisnisku) dan mengoptimalkannya akun Google bisnisku agar bisnis anda mendapatkan peringkat tertinggi di Google Lokal karena hanya 3 Slot yang ditampilkan oleh Google pada saat pengguna menelusuri situs pencari Google. 

Pencarian Google lokal sendiri menggunakan faktor RDP dalam menentukan peringkat di Google Map Pack. RDP sendiri adalah singkatan dari Relevance (relevansi) Distance (jarak) dan Prominence (keunggulan) yang berarti memperhitungkan relevansi, jarak, dan keunggulan bisnis anda pada saat ini.

Masukan informasi Bisnis yang akurat di akun Google Bisnisku

Di akun GMB (Google my Business) anda dapat memasukan nama bisnis anda (Name), alamat (Address), nomer telefon (Phone), biasanya ini disingkat NAP dan informasi yang anda masukkan akan membantu Google menemukan dan menentukan relevansi, jarak dan juga keunggulan bisnis anda. Anda juga perlu menambahkan foto dan situs web untuk memudahkan pengunjung menemukan bisnis anda dan membuat mereka lebih mudah untuk terkonversi menjadi pelanggan bisnis anda.

Selain mengisi data bisnis anda dengan benar di akun GMB, anda juga perlu untuk menambahkan kata kunci long tail dan juga kata kunci di dekat saya atau terdekat dikonten akun GMB maupun diwebsite anda. Teknik ini sangat berguna untuk meningkatkan Brand Awareness dari merek anda.

5. Tingkatkan peringkat bisnis anda dengan ulasan online

seo 2020

Ulasan positif dapat membantu bisnis anda di pencarian lokal di Google

Setelah selesai mendaftarkan dan mengoptimasi akun Google bisnisku, anda perlu mengajak pengunjung anda untuk memberikan ulasan bisnis anda secara online. 

Ulasan dari pengunjung, dapat menaikkan dan juga menghancurkan bisnis anda, ulasan yang positif dapat menaikkan posisi ranking anda di Google Map Pack dan ulasan yang negatif tidak hanya menurunkan posisi bisnis anda di Google Local Map namun juga akan berimbas pada bisnis anda secara keseluruhan.

Dan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan anda dan mendorong mereka untuk memberikan ulasan positif tentang bisnis anda maka berikanlah layanan terbaik melalui jasa anda dan buatlah produk berkualitas yang dapat membuat pengunjung anda ingin kembali lagi untuk membelinya. 

Web Developer - SEO Specialist - Digital Marketer

Tentang Kokosama Digital

Kokosama adalah Tim pemasaran digital yang selalu fokus dalam meningkatkan performa dan konversi Bisnis klien kami hingga mendapatkan ROI yang maksimal.

Request a free quote

Kami menawarkan layanan Profesional Digital Marketing yang dapat membantu meningkatkan kunjungan dan konversi situs web anda melalui Jasa SEO, Jasa Google Ads, Jasa Optimasi Konversi, Jasa SEO Lokal, Jasa Konten Marketing dll.

Subscribe to our newsletter!

Leave a Comment

Artikel yang Berkaitan

Lihat Semua