Cara membuat Artikel yang Bagus untuk Pemula

cara membuat artikel

Apakah sekarang anda sedang belajar cara membuat artikel? Atau anda sedang mencari referensi tentang cara buat artikel yang baik dan benar? Semoga anda sudah berapa di tempat yang tepat dan semoga tulisan saya ini dapat sedikit membantu anda.

Di era informasi sekarang ini, siapapun dapat menjadi penulis. Jadi siapapun dapat mempelajari, lalu mempostingnya. Setelah banyak membaca, saya akhirnya menemukan dua hal tentang artikel, yang pertama isinya yang bagus dan yang kedua tekniknya yang bagus.

Apakah tulisan saya termasuk kategori pertama atau yang kedua? Ntah, mungkin untuk sebagian orang tulisan saya ini bukan kategori pertama maupun kedua, lalu tulisan saya ini, mungkin mempunyai tutur kata yang kurang baik dan benar, tapi ntahlah.

Sebab saya sendiri mulai menulis karena ada minat untuk membagikan sedikit pengetahuan yang saya miliki, walaupun dengan skill pas-pas an, yang terpenting adalah ada niat untuk membuat artikel.

Namun, saya berkeyakinan bahwa siapapun dapat mempelajari cara membuat tulisan yang menarik tanpa harus memiliki keahlian ataupun mahir dalam bidang ini.

Seharusnya anda juga dapat mempelajari caranya seperti halnya saya!

Baca juga : Layanan Jasa SEO, Mengapa Bisnis anda membutuhkannya

Cara buat artikel, yang pertama.

cara membuat artikel

Pilihlah topik yang menurutmu tepat sebab memilih topik bisa dibilang adalah bagian tersulit dari keseluruhan proses. Tetapi salah satu cara yang menurut saya mudah dalam menentukan topik  adalah dari apa yang menjadi hobi atau keahlian dari penulis.

Saya sendiri menyukai dunia SEO dan senang membagikan pengalaman dari artikel saya tentang teknik maupun tips SEO.

Menurut saya, memilih topik yang tepat adalah yang paling sesuai dengan apa yang anda sukai dan kuasai. Mungkin anda suka dengan hal yang berhubungan dengan makanan maka anda bisa membuat topik tentang makanan atau kalo suka oprek motor, mungkin bisa membuat tulisan tentang modifikasi motor dsb.

Cara membuat artikel yang bagus, lakukanlah riset!

cara membuat artikel

Jika anda menulis artikel berdasarkan pengalaman dan yakin dengan pengetahuan yang anda miliki, (misalnya anda seorang mekanik yang menulis cara perawatan motor sehari-hari).

Maka, bagian ini bisa di lewati. Sehingga anda tidak perlu melakukan riset apabila anda sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Namun jika tidak, lakukanlah riset sebelum anda memulai membuat artikel.

Tapi, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk riset!

Walaupun riset itu penting untuk setiap tulisan, tetapi jangan mudah untuk terjebak sehingga menghabiskan terlalu banyak waktu untuk penelitian. Ada banyak cara berbeda dalam melakukan riset, sebagai salah satu contoh, anda ingin mengetahui manfaat vitamin C untuk tubuh. Maka setelah melakukan riset dan mengumpulkan semua referensi yang telah anda dapat lalu anda membuat artikel dan memberitahukan manfaatnya ke pembaca anda.

Baca juga: 9 Cara meningkatkan SEO Score Website Anda

Pilihlah Topik yang menurut mu menarik.

cara membuat artikel

Topik yang menarik, akan menarik minat orang untuk terus membaca, gunakan bahasa yang baik agar mudah di pahami, karena bahasa yang sederhana yang baik dan benar mampu menarik pengunjung untuk lanjut membaca artikelmu dan fokuslah hanya pada satu topik dan jangan dicampur aduk.

Apabila anda mendapatkan ide baru maka simpan dahulu, ide baru tersebut dapat dibuat menjadi tulisan yang lain. Apabila anda ingin menggunakan topik tentang topik hari ini yang lagi viral, maka artikel yang anda buat dan publikasikan harus sesuai dengan fakta.

Mencari referensi untuk artikel mu.

anda dapat mencari referensi dari buku maupun artikel di website lainnya untuk membuat artikel anda. Cara termudah dalam membuat artikel yang baik dan benar adalah meniru referensi yang anda dapatkan namun jangan ditiru mentah-mentah, apalagi kopi paste tapi pergunakanlah teknik menulis ulang (rewriting) sehingga tulisan anda akan terlihat asli dan tidak terlihat seperti kopi paste tulisan milik orang lain.

Jangan lupa hanya menggunakan referensi dari sumber yang terpercaya, juga jangan sampai menyebarkan berita bohong atau hoax karena ancamannya pidana.

Jadi jangan lupa diperiksa dahulu sumbernya sampai anda yakin bahwa referensi yang di dapat sudah berdasarkan fakta yang beredar. Setelah mendapatkan referensi maka data yang anda miliki sudah dapat anda gunakan dalam membuat artikel.

Perhatikan Panjang Paragraf.

paragraf yang kepanjangan

Memilih paragraf juga perlu diperhatikan pada saat membuat artikel yang baik dan benar. Artikel yang memiliki panjang yang terlalu padat dapat menghilangkan minat dari pembaca

juga kurang baik dari sisi pengalaman pengguna (UX).  Jadi coba pisahkan paragraf satu dengan yang lainnya hingga menjadi paragraf yang lebih pendek dan singkat,  sehingga lebih menarik dan mudah untuk dibaca.

Tambahkan Visual.

visual pada artikel

Tanpa visual, artikel yang menarik dan informatif pun akan terlihat membosankan. Tidak hanya itu, dengan adanya visual juga dapat membantu pembaca memahami maksud dari artikel yang anda buat.

Misalnya kalau anda membuat tulisan tentang pocong di rumah tua kalau nggak ada gambar pocongnya kan kurang syeremmm.

Apabila anda menggunakan beberapa bagian informasi tertentu seperti gambar maupun tulisan yang anda jadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk memberikan kredit kepada pemiliknya dan mungkin menautkan sumbernya pada saat anda mulai menerbitkan artikel anda. Kalau nggak nanti bisa kena undang-undang hak cipta.

Membuat catatan tentang semua sumber membuat anda tidak akan bermasalah dengan hak cipta di kemudian harinya.

Sebelum anda mempublikasikan artikel anda, ada baiknya untuk melakukan pengecekan sekali lagi apakah masih terdapat kekurangan maupun penggunaan bahasa yang kurang pas untuk dicerna oleh pembaca anda.

Juga periksalah sekali lagi, apakah masih terdapat kata-kata yang kurang pas maupun salah ketik di artikelmu.

Untuk dapat menjadi penulis pro, jangan bosen-bosen untuk terus berlatih!

Buatlah artikel minimal satu setiap bulannya sehingga anda dapat membuat tulisan yang baik dan benar. Sehingga potensi mu dapat meningkat dari hari ke hari dan mampu membuat artikel bagus hanya dalam waktu menitan bukan jam-an kayak saya ini yang bikin artikel aja butuh waktu sampai berjam-jam.

Jadi kuncinya teruslah berlatih sehingga kemampuanmu menjadi meningkat dan menjadi penulis pro. Jadi membuat tulisan yang berkualitas itu tidaklah seperti membuat mie instan yang langsung jadi. Akan tetapi, membutuhkan pelatihan yang terus dilakukan setiap harinya.

Request a free quote

Butuh bantuan untuk mengetahui potensi dari Website anda? Tim Kokosama Digital dapat membantu dalam mengaudit Website anda, kontak kami melalui tombol di bawah

2 Comments
  1. Balas

    Waah menarik!, makasih artikelnya

Ada pertanyaan atau Komentar?